Friday, April 13, 2018

Cara Membuat Rumah Sederhana dengan LWJGL 3

5:57 AM Posted by Unknown No comments

Langkah - Langkah :

1. Siapkan dulu Netbeans dan LWJGLnya.
2. Buat Projek baru, isi boleh di sesuaikan

3. Import Library LWJGLnya.

4. Ketik kode berikut di bawah package :

import org.lwjgl.LWJGLException; 
import org.lwjgl.opengl.*; 
import java.util.*;

5. Copy kode berikut untuk membuat display opengl :
try {
Display.setDisplayMode(new DisplayMode(800,600));
Display.create();
} catch (LWJGLException e){
e.printStackTrace();
System.exit(0);
}
        
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_PROJECTION);
GL11.glLoadIdentity(); 
GL11.glOrtho(0, 800, 0, 600, 1, -1);
GL11.glMatrixMode(GL11.GL_MODELVIEW);

6. Lalu kita buat titik terlebih dahulu sebelum membentuk rumah
while(!Display.isCloseRequested()){
GL11.glPointSize(6);
GL11.glBegin(GL11.GL_POINTS); 
GL11.glVertex2i(100, 300);//Titik 1
GL11.glVertex2i(300, 300);//Titik 2
GL11.glEnd();
}

7. Hasil dari kode titik di atas.

8. Kita buat rancangan titik - titik agar bisa membentuk sebuah rumah.

9. Lalu kita sambungkan titik - titik tersebut ke dalam bentuk garis.
10. Ubah kode GL11.GL_POINTS menjadi GL11.GL_LINES.
11. Untuk membuat sebuah garis, kalian membuat 2 titik koordinat.
while(!Display.isCloseRequested()){
GL11.glBegin(GL11.GL_LINES); 
GL11.glVertex2i(100, 300); //Titik 1
GL11.glVertex2i(300, 300); //Titik 2
GL11.glEnd();
}

12. Maka hasilnya sebagai berikut :

13. Lalu kita sambungkan titik - titik tadi sehingga membentuk sebuah rumah

14. Kalian bisa desain rumah sendiri sesuai ke inginan.


Link Download Projeknya yg sudah jadi dan gamau ribet : Rumah.Zip

0 comments:

Post a Comment